Rabu, 05 Januari 2011

Telur Columbus ..

bicara tentang "telur columbus", jadi inget sama salah satu dosen di kampus saya yang sekitar 6 bulan yang lalu menerangkan pertama kali pada saya tentang arti filosofi telur columbus ini :)




IDE, khususnya ide kreatif terkadang sangat sulit bagi saya untuk bisa memikirkannya atau bahkan hanya terlintas dipikiran saya pun terasa agak cukup sulit. tapi, kalau udah ngedenger atau ngeliat ide yang dicetuskan orang lain, sering banget bibir saya terucap, "ah, kalau gitu mah saya juga bisa, simpel!", padahal kalau kita coba sendiri untuk memikirkan ide tersebut, belum tentu kita bisa kepikiran..

inilah yang disebut dengan "Telur Columbus",
ceritanya,
ada dua orang pria yang salah satunya adalah tuan Columbus, Columbus bertanya kepada seorang pria yang sedang bersamanya, "apakah kamu tau bagaimana caranya untuk membuat telur yang berbentuk oval ini dapat berdiri tegak diatas meja?".
sang pria itu pun terdiam kebingungan, memikirkan bagaimana caranya agar dapat membuat telur itu berdiri tegak diatas meja. tak satupun ide terlintas dipikiran pria tersebut, sampai akhirnya pria itu menyerah dan berkata, "ah, mana bisa telur yang bentuknya oval hampir bundar itu diberdirikan tegak diatas meja!memang kau bisa melakukannya?"
Columbus hanya tersenyum, dan Columbus langsung mengambil telur tersebut, kemudian Columbus memegang ujung atas telur sambil memberdirikan telur tersebut diatas meja. lalu Columbus menekan ujung atas telur tersebut sampai permukaan ujung bagian bawah telur yang menempel pada meja itu retak dan pecah. saat itulah telur yang dianggap mustahil untuk dapat diberdirikan, oleh Columbus dapat diberdirikan.

kemudian sang pria yang bersama Columbus itupun berkata, "ah, kalau begitu juga saya bisa!!! hal yang sangat simpel!"
inilah permasalahan yang sering timbul di dalam diri saya. ini bukan masalah ide simpel yang muncul dari seseorang yang selalu dianggap orang lain yang mengetahuinya berkata "ah, kalau begitu juga saya bisa!!! hal yang sangat simpel!", tapi masalahnya adalah "apakah kita bisa, mampu untuk mengeluarkan ide tersebut dari pemikiran kita kalau sebelumnya kita tidak mengetahuinya bahkan memikirkannya?"

dari pengalaman ini, dapat diambil kesimpulan bahwa,
mengeluarkan ide dan berpikir kreatif itu tidak harus selalu suatu ide yang sangat wah, sangat inovatif, sangat hebat, tapi keluarkanlah ide apapun meskipun itu suatu hal yang sangat sederhana. karena, belum tentu orang lain mampu berpikir seperti apa yang kita pikirkan ^^

1 komentar:

  1. bwahahahahhaha.. betul banget.. aku juga dulu mau nulis di blog soal si telur columbus ini.. berkesan banget cerita si bapak. Tapi lupa terus.. heheh..

    BalasHapus